Categories
Inspirasi Touring

Sejarah Motor Vespa Yang Melegenda Di Penjuru Negeri

Vespa merupakan sebuah merek motor dari perusahaan Piaggio yang didirikan pada tahun 1884 di Italia oleh seorang lelaki bernama Rinaldo Piaggio. Awal mula perusahaan Piaggio bukanlah memproduksi motor Vespa, namun dikenal sebagai perusahaan peralatan kapal dan kereta api. Beberapa usaha dari perusahaan ini memang banyak dipengaruhi oleh keadaan. Pada saat Perang Dunia I, Piaggio memproduksi peralatan untuk perang yakni pesawat terbang dan juga kapal laut. Produksi ini terus berlangsung hingga pada saat Perang Dunia II dimana pabrik dari perusahaan Piaggio membuat sebuah pesawat dua penumpang dilengkapi dengan tembakan bom. Hal ini membuat pabrik tersebut dijatuhi bom oleh tentara sekutu sehingga usaha Piaggio sempat terhenti karena perekonomian Italia sedang memburuk. Yuk simak sejarah motor vespa.

Awal Mula Memproduksi Motor Vespa

Karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan usaha, akhirnya Piaggio diambil alih oleh anak dari pemilik perusahaan yakni Enrico Piaggio. Enrico ternyata memberikan solusi untuk memproduksi alat transportasi yang murah untuk masyarakat Italia. Hal ini tidak semata-mata dilakukan begitu saja, ia melihat bahwa peluang bisnis cukup besar. Alat transportasi pertama yang diproduksi adalah helicopter modern dengan desain yang nyaman, simple dan tentunya ekonomis untuk masyarakat Italia.

Tetap dengan konsep kendaraan pribadi, akhirnya pada tahun 1945, Piaggio mulai melakukan terobosan baru dengan merancang sebuah sepeda motor. Konsepnya pun memang masih terdapat bumbu-bumbu bekas peperangan dimana motor tersebut didesain dengan komponen bom serta memiliki roda dari pesawat tempur. Akhirnya lahirlah produk motor dengan seri MP5 yang sekilas terlihat seperti binatang lebah lengkap dengan penyengatnya. Namun ternyata konsep tersebut masih terlalu kasar dan kurang nyaman untuk digunakan. Maka dilakukanlah desain ulang terhadap prototipe hingga menghasilkan seri MP6. Secara tidak sengaja, ketika Enrico melihat desain motor tersebut, ia langsung mencetuskan seruan “Sambra Una Vespa” yang berarti terlihat seperti tawon. Sejak saat itu, motor keluaran Piaggio diberi nama Vespa.

Kelahiran Motor Vespa Pertama

Motor Vespa tipe 98 merupakan motor pertama yang diproduksi oleh Piaggio pada bulan April tahun 1946. Model dari motor ini sangatlah inovatif dengan desain seperti scooter namun digerakkan oleh mesin. Sehingga pada tahun yang sama, Piaggio mempublikasikan produk terbarunya pada acara Golf di Roma. Desain motor ini sangat unik, dimana pada bagian depan memiliki tameng dengan logo timbul bertuliskan Vespa. Produk ini ternyata memiliki antusias yang tinggi hingga motor Vespa menjadi populer kala itu. Banyak media memberitakan motor ini sehingga menjadi perhatian publik, meskipun beberapa orang masih memiliki keraguan terhadap produk ini.

Sejarah Motor Vespa Memasuki Indonesia

Ternyata, Vespa tidak hanya terkenal di Italia saja namun hingga pelosok dunia salah satunya Indonesia. Saat itu, Vespa Congo menjadi pusat perhatian yang menarik minat masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan motor ini diberikan sebagai bentuk penghargaan pada Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia di Congo. Semenjak hari itu, Vespa mulai banyak ditemukan di Indonesia hingga saat ini. Banyak perusahaan lokal yang mendukung impor motor ini ke dalam negeri.

Begitula sejarah motor Vespa yang sangat dikenal di seluruh negeri sebagai motor legendaris dengan desain yang cukup unik dan juga klasik. Beberapa produk Vespa yang kamu temui sekarang tentu sudah mengalami beberapa inovasi agar dapat terus bersaing di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *