Categories
Tips Perawatan

Simak Tips Terbaik Membeli Motor Piaggio Bekas

Piaggio merupakan sebuah perusahaan motor asal negara Italia yang telah mendunia berkat motornya yang diberi nama Vespa. Perusahaan yang dibuka sejak sebelum Perang Dunia dimulai ini, ternyata benar-benar mengukir sejarah yang melegenda di dunia otomotif. Saat ini, semua karya motor Piaggio yang telah lama dibuat banyak diperebutkan. Namun tetap saja perusahaan ini juga tetap memproduksi motor yang bergaya klasik modern. Meskipun tidak mendominasi pasar motor di Indonesia karena harganya yang cukup mahal, tetapi masih banyak penggemar setia dari motor Piaggio ini. Jika kamu juga ingin memiliki motor ini, namun belum bisa membeli yang baru, solusi yang pas adalah mencari motor bekas yang masih bagus. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan ketika membeli motor Piaggio bekas yang sesuai. Mari simak ulasan tips terbaik membeliya.

1. Periksalah body motor secara teliti

Ketika kamu sedang melihat-lihat motor lama, pastikan kamu memeriksa setiap lekukan dan juga bagian motor agar memastikan tidak ada kerusakan yang sangat berat. Karena kamu bisa rugi jika membelinya dengan harga yang mahal. Jika memang terdapat kerusakan pada body, mintalah untuk pemilik mengusahakan perbaikan atau tawarkan harga yang rendah karena harus memperbaiki bagian tersebut. Tentu saja desain motor modern dari Piaggio ini tetap mempertahankan para pendahulunya meskipun dibuat lebih kekinian karena mengikuti perkembangan jaman.

2. Lakukanlah pemeriksaan pada mesin dan kelistrikan

Melakukan pemeriksaan mesin motor memang tidak sah jika tidak melakukan pembongkaran, namun tentu saja hal ini sulit untuk dilakukan. Namun terdapat cara sederhana yakni dengan menyalakan mesin, dan menunggunya selama beberapa menit. Jika motor menyala stabil, maka mesin berpotensi dalam keadaan yang baik. Meskipun hal ini tidak dapat menjadi patokan tetapi setidaknya kamu mencoba untuk mengetahui apakah fungsi standarnya berjalan selayaknya atau tidak. Karena jika nyala motor tidak stabil, maka bisa jadi kondisi mesin didalamnya mengalami gangguan.

Selain itu, kamu juga harus memeriksa kondisi kelistrikan dari motor untuk memastikan semuanya baik-baik saja. Mulai dari starter engine, lampu depan, lampu sein, klakson dan lain sebagainya. Hal ini perlu kamu lakukan agar ketika kamu membeli motor tersebut tidak mengalami kerugian di belakang. Sangatlah disayangkan bukan jika sudah beli mahal-mahal tetapi perlu perawatan yang mahal pula.

3. Mencolek ujung knalpot

Hal ini dilakukan sebenarnya berkaitan dengan pengecheckan mesin ya, yakni untuk tahu apakah kondisi pembakarannya sempurna atau tidak. Jika ujung knalpot tetap kering, maka pembakaran setelah kamu menyalakan mesin motor bisa dikatakan sempurna. Karena jika terdapat minyak di ujungnya maka bisa jadi mesin dari motor mengalami masalah dan patut untuk dicurigai.

4. Check kelengkapan surat

Kelengkapan surat menyurat dari motor Piaggio yang akan kamu beli sangatlah penting loh, karena untuk membuktikan bahwa motor tersebut bukan hasil pencurian. Maka dari itu, mintalah pembuktian STNK dan juga BPKB pada pemilik motor agar transaksi menjadi legal serta kamu tidak akan tertimpa masalah ataupun kerugian. Kamu juga bisa melihat buku service dari motor tersebut untuk mengetahui track dari perawatan mesin. Jika memang sering melakukan service di bengkel resmi, maka besar kemungkinan motor tersebut asli.

Tips sebelum membeli motor bekas dari Piaggio tersebut bisa kamu terapkan ketika sedang membeli motor loh. Maka jangan sampai salah langkah ya dan merugi akibat membeli motor bekas. Mari simak ulasan tips terbaik membeliya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *