Categories
Tips Perawatan

Ini Dia Beberapa Langkah Mudah Memperbaiki Aki Kering Motor yang Soak untuk Kamu Coba

Sepeda motor sudah menjadi sebuah alat transportasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Ada banyak sekali orang yang ingin memakai sepeda motornya secara optimal, sehingga sangat memerhatikan kebutuhan transportasi ini. Nah, pada masa kini ada banyak sekali orang yang telah memilih dan juga memakai aki kering motor untuk memenuhi kebutuhan mereka. Apakah kamu juga termasuk salah satunya? Jika benar, maka aki kering ini sudah tersedia dalam banyak pilihan, sehingga sangat mudah untuk didapatkan. Ini dia beberapa langkah memperbaikinya.

Bagi kamu yang menggunakan aki kering untuk sepeda motor, maka hal yang satu ini memiliki peran penting. Aki ini bisa memiliki peran seperti baterai, sehingga suplai daya listrik ke berbagai komponen pada sepeda motor pun bisa dilakukan. Misalnya saja untuk menyalakan lampu, starter mesin, dan sebagainya. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri juga bahwa aki bisa mengalami kondisi soak yang membuatnya tidak bisa difungsikan secara maksimal. Nah, jika aki kering motor yang kamu gunakan soak, maka komponen yang satu ini bisa diperbaiki dengan mudah. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan berbagai hal. Ini dia beberapa langkah memperbaikinya.

  1. Siapkan berbagai peralatan seperti obeng minus, pisau, obeng plu, selotip ukuran besar, dan air aki yang bisa kamu beli di toko otomotif maupun bengkel. 
  1. Lepaskan aki kering dari tempatnya yang tersedia di sepeda motor. Setelah itu, pindahkan ke tempat yang aman dan datar, sehingga kamu pun bisa memperbaikinya dengan mudah. 
  1. Buka bagian penutup aki kering. Kamu bisa melakukan hal ini dengan memakai pisau yang sudah disiapkan. Perlu kamu ketahui juga bahwa melakukan bagian ini harus hati-hati, sehingga pisau yang dipakai tidak melukai tangan sendiri. 
  1. Perhatikan bagian atas aki. Di sana ada tulisan “Do Not Open”. Kamu bisa membuka bagian tersebut dengan menggunakan pisau. Selain pada bagian atas, kamu juga bisa melakukannya di samping dan belakang penutup aki. 
  1. Lepaslah bagian penutup tempat aki. Lalu, ada 6 lubang yang bisa kamu temukan. Isilah lubang tersebut dengan memakai air aki sebanyak 15 ml. 
  1. Jauhkan kotak dan cairan aki dari kulitmu, sebab bisa menimbulkan iritasi. Bila cairan aki terlanjur mengenai tangan, segera gosok memakai sabun supaya iritasinya dapat berkurang. 
  1. Setelah semua lubang diisi dengan cairan air aki, maka tutupnya dengan penutup aki. Supaya bisa merekat dengan kuat, pakailah selotip sebagai perekatnya. Pastikan kamu menutup bagian ini dengan tepat dan merekatkan selotip secara pas, sehingga tidak akan membuat air aki di dalamnya tumpah atau menguap. 
  1. Bila aki kering pada sepeda motormu masih belum menunjukkan tanda membaik, maka ada baiknya bongkarlah sekali lagi. Hal yang satu ini bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah pelepasan dan pemasangan berbagai komponen yang ada di atas sudah tepat atau belum. 

Beberapa langkah yang ada di atas bisa kamu coba. Dengan memperbaiki aki kering motor yang soak menggunakan sejumlah langkah diatas, maka masalah ini pun dapat diatasi secara optimal. Kamu bisa melakukan hal tersebut ketika sedang berada di rumah, bengkel, atau tempat lain yang aman. Pastikan juga pencahayaan yang tersedia memadai, sehingga kamu pun bisa melakukan beberapa hal tersebut secara tepat, untuk memenuhi kebutuhan sesuai harapan. Jika memang dirasa aki sudah tidak dapat diperbaiki segeralah membeli aki kering motor yang baru agar sepeda kesayanganmu dapat berjalan dengan maksimal ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *