Categories
Tips Perawatan

Cara Perawatan Aki Kering Motor Terbaik

Aki adalah salah satu komponen motor yang tidak bisa kamu pisah penggunaannya begitu saja. Pasalnya aki menyimpan arus listrik yang dibutuhkan oleh motor dalam menggunakan beberapa fungsinya. Mulai dari menghidupkan mesin serta menyalakan lampu sein. Tanpa adanya aki pada sebuah kendaraan bermotor, maka motor tersebut tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Beberapa efek negatif yang timbul jika sebuah motor tidak dilengkapi dengan aki di antaranya adalah perangkat kelistrikan mudah mengalami kerusakan, lampu utama motor redup, lampu sein tidak berkedip atau menyala, dan mesin susah hidup. Berikut beberapa cara perawatan aki kering motor.

Jenis aki motor pun juga beragam, seperti aki motor basah, aki kalsium, aki hybrid, aki MF atau aki kering motor, dan aki gel. Dari kelima jenis tersebut, aki kering motor adalah yang paling populer. Karena jenis aki ini tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Selain itu, penggunaannya pun dinilai jauh lebih praktis. Nah, buat kamu yang sedang mengalami masalah tentang aki kering, kamu bisa membaca ulasan informatif di bawah ini!

Aki Kering Motor Kamu Rusak? Berikut Cara Mudah Memperbaikinya

Seperti halnya jenis aki motor lainnya, aki kering motor juga bisa mengalami kerusakan yang terkadang disebabkan oleh kebiasaan jarang menghidupkan kendaraan ketika tidak dipakai, pengikat aki rusak, dan lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menyimak langkah-langkah mudah perbaikannya sebagai berikut:

  • Pertama, persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan kamu pakai untuk memperbaiki aki, yaitu obeng minus, obeng palu, pisau, air aki, dan selotip.
  • Selanjutnya, lepas aki dari tempatnya sebagaimana cara-cara yang telah dianjurkan.
  • Berikutnya, bukalah bagian penutup pada aki menggunakan pisau secara perlahan dan penuh kehati-hatian.
  • Setelah itu, buka bagian yang terdapat tulisan “Do Not Open” memakai pisau atau bisa juga dengan menggergajinya. Kemudian, lakukan langkah yang sama pada bagian belakang penutup aki dan bagian samping.
  • Langkah selanjutnya adalah lepaskan bagian penutup yang terdapat di wadah aki. Lalu isilah enam lubang yang terlihat dengan air aki kurang lebih 15 ml.
  • Apabila keseluruhan lubang tadi telah terisi penuh, segera tutup kembali menggunakan penutup aki dan rekatkan dengan selotip agar lebih kuat.
  • Terakhir, pasang kembali aki pada tempatnya seperti sedia kala.

Agar Tidak Mudah Rusak, Yuk Ketahui Cara Perawatan Aki Kering yang Tepat

Sebelum aki kering kendaraan kamu mengalami kerusakan, berikanlah perawatan secara rutin pada aki. Jika kamu belum mengetahui bagaimana caranya, berikut ini adalah tata cara perawatannya:

  • Sering Gunakan Kendaraan

Sebuah kendaraan yang jarang dipakai atau sekadar dipanaskan, tentu akan mengakibatkan suplai listrik pada aki menjadi kurang stabil. Jika kondisi ini dibiarkan saja, maka sangat mungkin aki menjadi rusak. Karena itu, disarankan untuk memanaskan mesin kendaraan minimal 2 sampai 5 menit per harinya.

  • Hindari Jalanan Berlubang

Selain membuat badan terasa sakit akibat guncangan, berkendara di jalanan yang penuh lubang juga bisa menimbulkan kerusakan pada aki. Ini dikarenakan, guncangan yang berlebihan mampu merusak komponen-komponen dalam aki, seperti sel pengikat pada aki misalnya.

  • Periksa Kabel Terminal Aki dan Kiprok

Pastikan terminal pada aki kendaraan senantiasa bersih dan juga tertutup, guna menghindari terjadinya korsleting suplai listrik. Selain itu, pastikan juga kiprok masih berfungsi agar penyaluran aliran listrik tidak terganggu.

  • Isi Ulang Secara Rutin

Saat fungsi aki dirasa telah melemah, maka segera lakukan pengisian ulang atau penchargeran, sekitar 5 sampai dengan 8 jam. Supaya aki berfungsi kembali.

Itulah seragam informasi terkini tentang aki kering motor sekaligus cara perbaikannya. Agar nantinya jika terjadi kerusakan, kamu bisa memperbaikinya sendiri. Di samping itu, cara perawatan pada aki yang dijabarkan tadi juga bisa membantu kamu dalam proses perawatannya, supaya aki kamu berusia lebih lama. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *