Categories
Tips Perawatan

Helm Shoei Awet Begini Cara Merawatnya

Mengendarai kendaraan bermotor memang menyenangkan, tetapi keselamatan di jalan harus tetap diperhatikan. Semua peraturan lalu lintas harus kamu ikuti. Salah satu peraturan yang paling terlihat adalah selalu menggunakan helm ketika berkendara. Helm merupakan suatu barang yang digunakan untuk melindungi kepala dari berbagai benturan. Yuk simak cara merawat yang benar agar helm Shoei kamu awet.

Ketika kamu berkendara dan terjadi hal yang buruk, seperti kecelakaan, kepala kamu akan aman atau risiko benturan keras pada bagian kepala relatif kecil. Ini berlaku untuk kamu yang menggunakan helm dengan benar. Bukan asal menggunakan. Serta helm yang dipakai adalah helm yang sudah berstandar. Helm Shoei hadir untuk menemani perjalanan kamu agar lebih aman.

Helm yang merupakan suatu benda membutuhkan suatu perawatan. Apalagi helm memiliki manfaat yang sangat besar untuk kamu, jadi kamu harus merawatnya dengan baik. Bagaimana cara perawatan helm? Berikut penjelasannya

Perawatan Helm Shoei Secara Tepat

Helm yang kotor atau bau pasti membuat kamu tidak nyaman ketika memakainya. Ini menjadi salah satu alasan seseorang enggan menggunakan helm. Tetapi, sebagai pengendara kendaraan yang baik, kamu harus tetap menggunakan helm. Untuk merawat kebersihan helm Shoei dan juga supaya lebih awet kau mengikuti tips perawatan helm berikut ini.

  • Jangan meletakkan helm sembarangan

Yang sering ditemui adalah meletakkan helm pada spion motor atau tangki bensin. Ini adalah perlakukan yang salah. Jika kamu meletakkan helm pada spion motor, kemungkinan untuk jatuh semakin besar. Jika helm sering jatuh maka helm kamu akan lecet atau bahkan helm bisa saja pecah sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Sedangkan jika kamu menaruhnya pada tangki bensin motor, uap dari bahan bakar akan tertangkap oleh helm dan ini akan menyebabkan helm kamu akan timbul bau yang tidak sedap. Meletakkan ban yang paling tepat adalah pada bagian jok bagian belakang, kemudian kaitkan dengan pengikat helm. Helm akan lebih aman dari risiko jatuh dan bau karena uap bensin.

  • Hindari menggunakan helm ketika rambut kamu masih dalam keadaan basah

Ini akan menimbulkan bau tidak sedap pada helm. Jika terpaksa kamu akan bepergian tetapi rambut kamu masih basah, gunakan penutup rambut seperti balaclava atau yang lainnya. Bau tidak sedap yang ditimbulkan ini berasal dari tumbuhnya jamur pada busa helm serta dapat membuat busa lebih cepat rusak.

  • Segera bersihkan helm setelah terkena air hujan

Keasaman yang terkandung di air hujan dapat menyebabkan kerusakan pada helm. Untuk membersihkannya, kamu bisa mencuci helm dan beserta kaca helm dengan air dan sabun. Kemudian gosok-gosok dengan telapak tangan atau disikat dengan sikat yang memiliki gigi halus. Setelah itu lap hingga kering. Untuk busa helm, bisa kamu lepas dari helm kemudian rendam pada air yang telah dicampur sabun/detergen sekitar 15-30 menit. Setelah itu bilas, peras lalu dijemur hingga kering.

  • Banyak orang yang belum tahu bagaimana meletakkan helm yang tepat setelah digunakan

Meletakkan helm dengan posisi terbalik setelah digunakan merupakan cara yang tepat. Tetapi jangan sembarangan meletakkannya. Usahakan jangan meletakkan di tempat yang tinggi karena di posisi seperti ini helm mudah terguling dan jatuh. Tempat yang paling aman adalah meletakkannya di lantai. Meletakkan helm dengan posisi terbalik seperti ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa keringat yang menempel pada busa helm.

Tips di atas bisa kamu coba untuk perawatan helm kesayangan kamu. Selain agar lebih awet, juga untuk menjaga helm tetap bersih dan nyaman untuk digunakan. Kamu tidak akan punya alasan lagi untuk tidak menggunakan helm saat berkendara. Karena helm memiliki fungsi yang sangat penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *