Categories
Produk Pilihan

Kredit Motor dan Serba-serbinya Yang Wajib Dipahami

Bisa mempunyai motor yang menjadi impian memang menyenangkan. Namun bila dana belum juga mencukupi untuk bisa membelinya secara tunai, tidak perlu kecewa. Sebab kamu bisa memboyong motor kesayangan ke rumah dengan cara kredit. Membeli kendaraan secara kredit sudah jamak dilakukan. Terlebih saat ini sudah banyak pilihan kredit dari berbagai perusahaan pembiayaan. Selain fasilitas kredit untuk motor baru, fasilitas kredit motor bekas juga tidak sepi peminat, lho. Namun tentu ada beberapa hal yang penting diketahui sebelum mengambil kredit motor bekas.

Untuk Kredit Motor Bekas, Perhatikan Ini

  • Teliti unit dengan baik sebelum memutuskan membelinya. Pastikan kondisi mesin masih baik, terawat, jumlah kilometer pendek, bodi motor masih mulus. Dan kalau memungkinkan bisa mencobanya terlebih dahulu.
  • Surat-surat lengkap, baik STNK dan BPKB. Hal ini penting supaya ke depannya tidak menyulitkan kamu saat melakukan balik nama, memperpanjang STNK dan lainnya.
  • Tanyakan tentang kekurangannya pada penjual atau bila kamu bukan orang yang memahami mesin, bisa menanyakan terlebih dahulu pada orang yang lebih mengerti.

Tertarik Kredit Motor Lewat e-Commerce?

Jika ingin lebih praktis dalam membeli motor bisa juga, kok kredit motor lewat e-commerce. Ya, e-commerce bukan hanya menjual barang kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, tas, sepatu, kosmetik saja. Namun e-commerce juga menjual kendaraan, lho. Untuk motor jenisnya beragam mulai yang memiliki harga terjangkau sampai yang relatif mahal.

Cara ini tentu cocok untuk masyarakat modern yang ingin serba praktis dan simpel. Sebab kamu tidak perlu lagi repot untuk mendatangi dealer. Dan seperti sudah disinggung di atas, membeli motor di e-commerce juga bisa dengan cara kredit.

Kelebihan Membeli Motor Melalui e-Commerce

  1. Penawaran harga murah

Di beberapa e-commerce harga yang ditawarkan bisa beragam. Tidak jarang untuk menarik minat pembeli ada yang memasang harga di bawah harga pasar dengan cara memberikan cashback tunai. Untuk bisa mendapatkan voucher tersebut biasanya kamu harus memasukkan kode voucher yang tertera.

  1. Pastikan memiliki kartu kredit

Oleh karena membeli secara kredit tentu membutuhkan kartu kredit, dong. Namun pastikan dahulu limitnya mencukupi dengan motor incaran kamu, ya.

  1. Jelilah memilih jangka waktu

Selanjutnya tentukan lamanya tenor angsuran dan sesuaikan dengan kekuatan keuangan kamu. Lama tenor yang bisa kamu pilih adalah 3, 6, 12 bulan. Pastikan besaran angsuran tiap bulan tidak lebih dari 30% dari pemasukan tetap. Ini supaya kamu tidak kesulitan saat mencicilnya. Pihak bank penyedia kartu kredit umumnya sudah memberi layanan bunga 0% alias tanpa bunga. Ini maksudnya, harga yang sudah disepakati di awal akan dibagi dengan lamanya bulan angsuran tanpa ada uang muka dan tambahan bunga.

  1. Membutuhkan waktu

Perlu diketahui, kredit motor melalui e-commerce tidak bisa langsung kamu terima dalam waktu sekejap alias membutuhkan waktu konfirmasi. Waktu tersebut kurang lebih 2 – 3 hari sebab harus ada proses administrasi oleh pihak penjual.

  1. Kemana harus mengambil unit?

Berbeda dengan pembelian motor secara konvensional di mana kamu bisa menentukan ke dealer mana untuk membeli motor. Melalui e-commerce kamu tidak bisa memilih, sebab akan dipilihkan sesuai domisili. Artinya, kamu akan dialihkan ke perusahaan pembiayaan atau dealer tertentu. Jadi bila proses administrasi selesai, kamu akan dihubungi oleh dealer untuk konfirmasi tentang kelengkapan data-data yang dibutuhkan dan proses pengiriman unit.

Bagaimana, membeli motor bisa semakin mudah, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *