Categories
Produk Pilihan

Lampu Motor & Hal Yang Harus Diketahui

Membahas soal lampu bawaan motor yang diproduksi dari pabrik, rasanya memang sudah cukup untuk menerangi jalanan saat malam hari. Lampu memang nggak pernah bisa dipisahkan dari motor, selain berguna untuk menerangi kamu saat berkendara, benda kecil ini juga dapat meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan. Seiring dengan perkembangan zaman, lampu sudah bukan cuman sekedar bohlam saja, ada banyak berbagai macam jenis lampu yang dijual di pasaran dengan berbagai warna. Di bawah ini adalah serba-serbi tentang lampu motor yang perlu kamu ketahui.

Semakin Terang, Semakin Boros

Sudah banyak yang menyadari, bahwa semakin terang biasanya daya yang dibutuhkan semakin besar dan itu artinya juga semakin boros. Ketika akan membeli lampu untuk motor kesayangan, kamu perlu menyadari hal ini, bahwa kalau dayanya semakin besar, maka cahayanya pun semakin terang.

Memiliki Massa

Seperti halnya bagian motor yang lain, lampu juga memiliki masa aktif. Kalau lampu dari bawaan pabrik biasanya memiliki massa sekitar dua tahunan. Itu juga tergantung tingkat pemakaian. Mengingat lampu motor di Indonesia pada siang hari pun juga harus dinyalakan, maka massanya juga akan jauh lebih pendek.

Bisa Membuat Reflektor Meleleh

Lampu memijarkan cahaya yang berhasil dari sebuah pembakaran elemen besi. Semakin terang cahaya yang berasal dari lampu tersebut, maka juga semakin panas. Panasnya lampu ini bisa memicu melelehnya reflektor. Apalagi kalau kamu menggunakan lampu yang nggak sesuai dengan standar dari lampu bawaan pabrik.

Berbeda Warna, Berbeda Fungsi

Kamu pasti pernah melihat ada motor yang memiliki cahaya berwarna kuning, putih kekuningan atau bahkan biru. Warna-warna tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Semisal warna kuning, fungsinya untuk memecah kabut, warna putih dan biru berguna untuk memberi penerangan secara maksimal. Sebaiknya untuk motor memilih warna putih atau putih kekuningan. Untuk masalah penerangan biasa juga lumayan cukup.

Memiliki Berbagai Macam Jenis

Sekarang ini bukan cuman bohlam berbentuk bulb saja yang digunakan sebagai lampu motor, ada jenis halogen, HID serta LED yang bisa menjadi pilihan untuk para pengemudi yang berkendara pada malam hari. Sudah pasti berbeda jenis lampu berbeda pula kelebihan serta kelemahan dari masing-masing jenis lampu ini. Untuk lampu jenis bohlam pada umumnya memiliki daya yang besar dikarenakan soket serta kakinya agak beda dengan bohlam lampu sein. Jenis dari lampu ini juga ada beberapa macam lagi tergantung dengan tipe motornya. Teruntuk jenis motor bebek maupun matik, biasanya menggunakan bohlam soket M4, sedangkan untuk motor jenis sport sebaiknya memakai jenis HIS. Teruntuk bohlam soket M4 ini mempunyai dua kaki. Sedangkan soket HIS ini agak mirip dengan bohlam H4 yang biasa digunakan mobil.

Memiliki Kekurangan dan Kelebihan

Berbicara soal lampu motor, masing-masing memang memiliki kekurangan serta kelebihan. Seperti halnya lampu halogen yang memiliki cahaya yang jauh lebih terang. Kekurangan dari lampu halogen ini adalah cukup boros dalam pemakaiannya. Sementara lampu HID ini memiliki cahaya yang terang serta cahaya yang fokus. Lampu jenis ini nggak bikin aki tekor. Meskipun harganya mahal, soal sinar memang dikatakan sangat terang. Namun hadirnya lampu LED ini juga bisa dikatakan setara dengan HID dan irit dalam konsumsinya. LED bahkan juga nggak terlalu panas, namun cahaya yang dihasilkan memang nggak sefokus HID.

Nah, itulah serba-serbi tentang lampu motor yang bisa menambah pengetahuanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *