Categories
Produk Pilihan

Velg Motor & Kelebihan Velg Motor Pilihan

Velg motor yang banyak dipakai oleh orang Indonesia adalah dua tipe, yaitu spoke wheel (velg jari-jari) dan velg jenis casting wheel. Setiap jenisnya memiliki kelebihannya masing-masing. Berikut adalah serba-serbi alasan memilih velg motor.

Memilih Velg Motor Spoke Wheel

Berbicara soal motor trail, tentu nggak lepas dari yang namanya velg jenis jari-jari. Jenis ini dinilai lebih fleksibel dan bisa meredam saat melewati jalanan yang nggak rata sehingga jenis ini dipilih untuk dipakai di motor trail. Apalagi kalau kamu sering memakainya untuk menerabas jalanan, velg ini mampu meredam saat kamu melewati medan-medan ekstrem, berbatu atau pada saat kamu gunakan untuk melompat. Kalau kamu memilih jenis cast wheel, ditakutkan bisa pecah saat dibuat racing. Buat kamu pengguna motor trail, kamu harus mengurangi tekanan angin ban yang bisa menjadikan jari-jari velg bisa mengendur atau bahkan bengkok.

Kamu harus menggunakan tekanan angin yang sudah direkomendasikan oleh pabrik. Kamu jangan lupa untuk rajin mengecek kekencangan jari-jari motor. Seiring dengan penggunaannya, kondisi jari-jari akan berkurang kekencangannya disebabkan adanya benturan dengan jalan saat berkendara. Pada umumnya masuk ke dalam pengecekan berkala di bengkel resmi. Untuk soal jari-jari sebaiknya melakukan pengecekan setengah tahun sekali dengan mengecek kekencangannya.

Untuk motor trail yang digunakan untuk balapan, sebaiknya kamu melakukan pengecekan setiap kali ingin berlomba. Dalam ajang balap drag race, biasanya memiliki track beragam, mulai dari lurus saja atau ada tikungan. Untuk lomba motocross juga memakai velg jenis ini dikarenakan sirkuitnya yang nggak merata. Velg jenis ini dinilai memiliki struktur yang lebih elastis kalau dibandingkan dengan jenis lainnya yang cenderung lebih kaku.

Sifat elastisnya ini yang dapat meredam benturan dengan lumayan baik saat digunakan di jalanan yang nggak rata. Namun, jenis jari-jari ini kalau digunakan untuk menerobos juga bisa mengalami kebengkokan, tetapi cara memperbaikinya cenderung lebih mudah, kamu hanya peril press ulang dan untuk jari-jarinya yang bengkok bisa dibeli secara ecer. Kalaupun patah, harga memperbaikinya juga lumayan murah.

Memilih Velg Motor Casting Wheel

Biasanya untuk motor sport, banyak orang yang memilih untuk memakai velg jenis casting wheel. Alasan banyak orang memilih velg jenis ini adalah dikarenakan bobotnya yang ringan sehingga motor bisa melaju dengan kencang. Velg bertipe cast wheel ini diklaim lebih bagus soal konstruksinya dikarenakan pada area kaki-kaki motornya dinilai lebih rigid. Untuk motor juga bisa lebih mudah digunakan untuk melewati tikungan serta meminimalisir chassis roll. Ini mengapa ketika dalam perlombaan balap, motor-motor yang ikut dalam perlombaan hampir semuanya menggunakan velg jenis cast wheel. Lain lagi kalau lomba balapnya drag race. Seandainya menggunakan jenis cast wheel tentu akan mudah bengkok dan patah.

Perawatan Velg

Membahas soal perawatan terhadap kedua jens ini, keduanya membutuhkan perawatan untuk tetap memiliki fungsi serta daya tahan yang optimal. Merawat velg jenis jari-jari memang dinilai lebih susah dibandingkan dengan yang jenis casting wheel. Jenis jari-jari akan mudah berkarat kalau kamu nggak rajin membersihkannya. Jadi, untuk kamu yang memilih memakai jenis jari-jari, kamu juga harus selalu membersihkannya saat sudah selesai memakainya, apalagi kalau kamu habis memakainya di medan yang berlumpur.

Nah, itulah serba-serbi tentang velg motor yang perlu kamu ketahui, semoga informasi ini menambah pengetahuanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *