Categories
Produk Pilihan

Footstep Motor & Pembahasan Serba-serbi Lengkap

Footstep atau pijakan kaki yang ada di motor seringkali diabaikan oleh banyak orang. Kalau melihat dari fungsinya, aksesoris motor yang satu ini berbentuk pijakan telapak kaki untuk penumpang atau orang yang dibonceng. Kalau kamu memperhatikan sekali lagi tentang aksesoris yang satu ini, sebenarnya nggak cuman berguna untuk pijakan telapak kaki saja, namun juga sebagai pendukung keamanan serta kenyamanan kamu saat berkendara, terutama untuk menjaga keseimbangan saat mengendarai motor.

Pijakan motor yang sudah aus akan mengurangi performa motor. Hal ini dapat mengancam keselamatanmu saat ada di jalanan. Kamu jangan melupakan bahwa saat turun hujan, jalanan menjadi licin dikarenakan pijakan kaki yang sudah rusak bisa membuat kakimu terpeleset ketika kamu melakukan pengereman atau saat memindah kopling.

Kebanyakan pengendara motor baru akan mengganti pijakan kaki motornya kalau sudah benar-benar patah lalu menggantinya dengan produk baru yang terkadang kualitasnya jauh lebih buruk dari produk bawaan motormu. Di bawah ini adalah serba-serbi tentang footstep motor.

Jangan Membeli Produk di Bawah Standar

Nggak ada salahnya untuk mengganti pijakan motor dari komponen aftermarket. Akan tetapi kamu perlu mengetahui bahwa memilih produk otomotif yang sesuai dengan standard keamanan, sebaiknya kamu jangan membeli produk tersebut cuman karena bentuk bagus dari produk tersebut. Produk dengan kualitas di bawah standard ini bisa mengancam keselamatanmu saat sedang berkendara di jalanan. Kamu bisa saja mengganti pijakan motor bawaan motormu dengan aftermarket, tetapi alangkah baiknya kamu memilih produk yang aman serta nyaman saat digunakan dan kamu bisa merasakan fungsinya.

Memilih Produk Berbahan Karet

Kamu bisa menggunakan pijakan motor dari produk yang terbuat dari bahan karet supaya nggak licin saat terkena air. Lebih baik kamu memilih produk yang berasal dari pabrik motormu. Kamu bisa memilih pijakan kaki yang memiliki bidang yang lebar. Sebaiknya kamu bisa menghindari dari pijakan motor yang terbuat dari bahan besi demi menghindari adanya benturan dari kaki saat berkendara. 
Mengenali Produk Aftermarket

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui kalau ingin melakukan pergantian pijakan motor trail milikmu. Semisal kamu membeli pijakan kaki aftermarket yang biasanya menghadirkan ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan produk bawaan pabrik. Terdapat dua jenis produk, yaitu pijakan motor permanen dan non permanen yang bisa menjadi pilihanmu. Jenis permanen ini kalau terjadi kerusakan, kamu bisa kembali mengganti secara keseluruhan. Sedangkan untuk jenis non permanen yang kamu pilih ini kamu harus mengganti pijakannya kalau merasa sudah tumpul gigitannya. Pijakan motor yang seperti ini bisa saja terlepas ketika terjadi guncangan saat melewati jalanan berbatu.

Mempertimbangkan Soal Bahan

Dalam memilih pijakan kaki motor ini, ada beberapa macam bahan dasar, dari yang berbahan dasar baja, alumunium sampai titanium. Pijakan motor yang terbuat dari bahan titanium ini bisa menjadi pilihan utama bagi para pecinta otomotif, terutama motor trail karena dinilai jauh lebih tahan akan hantaman yang keras dibandingkan dengan pijakan motor yang terbuat dari bahan alumunium maupun baja. Mengganti pijakan motormu juga termasuk peningkatan terhadap performamu saat mengendarai motor. Pijakan kaki motor yang sesuai ini bisa memudahkanmu lebih leluasa lagi untuk memindahkan gigi.

Saat kamu sudah mengetahui serba-serbi tentang footstep motor, kamu tinggal membelinya di toko online terpercaya agar mendapat produk dengan kualitas yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *