Categories
Produk Pilihan

Baut Motor Untuk Modifikasi Motor Kesayangan!

Pengendara motor pasti tidak asing lagi dengan kata “Baut Motor”. Baut merupakan komponen kecil yang digunakan dalam proses modifikasi motormu, sehingga jika diklasifikasikan baut ini termasuk kedalam jenis aksesoris yang membantu merekatkan satu komponen dengan komponen lainnya.

Baut berfungsi untuk merekatkan sebuah komponen yang terdapat pada kerangka motor agar komponen itu terpasang dengan kuat dan kokoh. Ketika baut ini kendor atau terlepas, maka performa saat dikendarai akan menurun.

Selain itu, baut juga dipasangkan dengan mur, karena ketika baut dimasukkan ke lubang akan longgar, sehingga memerlukan mur untuk mengencangkan atau mengunci baut tersebut. Untuk mendapatkan baut motor ini sudah tidak sulit lagi di masa sekarang, karena sudah banyak toko-toko aksesoris motor atau bengkel yang menjual baut. Kamu juga bisa mendapatkan baut ini melalui toko online.

Jenis-jenis Baut Motor

Sebelum membeli baut, ada baiknya kamu mengetahui apa saja jenis-jenisnya. Terdapat beberapa jenis baut motor yang sering dipakai dan dijual di pasaran, yaitu:

  • Baut Flange

Baut flange digunakan pada mesin bagian dalam sepeda motor kamu. Baut ini berfungsi sebagai peredam agar tidak mudah longgar. Material baut ini berasal dari baja hitam yang bersifat tahan lama. Sedangkan bentuknya adalah heksagonal atau segi enam.

  • Baut Roda

Baut roda ini dapat ditemukan pada bagian roda motor kamu. Fungsi baut ini adalah untuk menahan beban yang ada pada roda, sehingga ketika roda berputar tidak mudah lepas.

  • Baut Tipe L

Sesuai dengan namanya yaitu Baut Tipe L, maka baut ini hanya digunakan pada motor yang bertipe L. Biasanya baut ini digunakan untuk memasang aksesoris kendaraan.

  • Baut Tanam atau Stud Bolt

Baut tanam atau stud bolt merupakan baut yang memiliki kepala di kedua sisi ujungnya. Baut ini biasanya berbentuk ulir. Baut ini berfungsi untuk mesin kendaraan, suku cadang, dan lain sebagainya.

  • Baut Plastic Region

Baut plastic region ini merupakan baut yang tahan lama dan kuat, serta mampu menahan tekanan atau tegangan ketika kamu sudah mengendarai kendaraanmu.

Tips Memilih Baut Motor

Setelah kamu mengetahui jenis-jenis baut, kamu harus memilih baut yang cocok untuk modifikasi motormu. Sehingga, kamu dapat menentukan dengan baik baut mana yang cocok untuk modifikasi motormu. Berikut ini merupakan tips-tips dalam memilih baut terbaik untuk motor kamu:

  1. Kenali Material Dasar Pembuatan Baut

Sebelumnya kamu sudah mengetahui jenis-jenis baut, sehingga kamu tentu tahu material apa saja yang digunakan di dalam baut tersebut. Jika baut menggunakan material besi atau baja, maka baut tersebut sudah dikatakan baut yang paling kuat. Tetapi karena materialnya berasal dari besi atau baja, maka baut akan cepat berkarat.

Jika materialnya adalah aluminium, maka baut tersebut akan sangat ringan, tetapi kualitasnya rendah. Kemudian, jika baut menggunakan duralium atau duralumin, maka baut tersebut akan lebih kuat.

  • Perhatikan Ikatan Baut dan Mur Dengan Komponen Motormu

Tips kedua ini merupakan tips yang sangat perlu diperhatikan, karena seperti kamu tahu baut berfungsi untuk merekatkan komponen dalam kerangka motor. Sehingga, kamu harus memperhatikan dengan benar apakah baut dan mur yang akan kamu beli dapat mengikat dengan kuat dengan komponen-komponen motormu. Baut harus memiliki kemampuan mengunci ulirnya yang baik serta ulir atau drat baut tidak mudah rusak atau slek. Kamu juga harus memilih baut dan mur yang mudah dibongkar pasang.

  • Perhatikan Estetika Baut

Tips terakhir adalah memperhatikan estetika baut. Dalam memilih baut, kamu juga harus memperhatikan estetika atau pemilihan warna dan model baut. Karena kamu harus menyesuaikan model dan warnanya dengan sepeda motormu.

Setelah mengetahui ulasan di atas, tentu sekarang kamu tidak akan bingung lagi jika ingin membeli baut. Semoga bahasan mengenai baut diatas dapat membantumu dalam menentukan baut mana yang harus dibeli untuk proses modifikasi motormu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *