Categories
Produk Pilihan

Headlamp Motor & Berbagai Hal Menariknya

Salah satu komponen penting dalam motor adalah headlamp motor. Lampu ini dapat menyala karena mendapat saluran listrik yang dihasilkan dari tenaga motor saat dinyalakan. Dengan demikian, lampu ini rawan sekali terjadi konslet jika terkena benda-benda yang sensitif terhadapnya, seperti air misalnya.

Bola lampu yang rawan pecah juga perlu kehati-hatian dalam menggunakannya. Karena beberapa hal ini lah, lampu motor membutuhkan sebuah pelindung yang dapat menjaganya dengan baik dari sentuhan benda lain. Ternyata, perusahaan produsen motor sudah memiliki hal ini juga, sehingga desain motor yang ditampilkan dilengkapi dengan rumah lampu motor. Jadi tersedia set lampu motor beserta pelindungnya.

Untuk mengetahui berbagai informasi tentang komponen motor yang satu ini, kamu perlu untuk berkenalan lebih jauh di pembahasan berikut ini.

Mengenal Rumah Lampu Motor

Headlamp atau nama lain dari rumah lampu motor menjadi salah satu komponen penting yang harus ada pada kendaraan bermotor. Terdapat beberapa bagian yang ada pada komponen ini, mulai dari bola lampu, reflektor, kaca dan juga cover. Yang unik dari komponen ini adalah adanya part pemantul cahaya yang biasa disebut dengan reflector atau batok lampu.

Komponen pertama adalah bola lampu. Sama seperti lampu pada umumnya, bola lampu ini yang akan menghasilkan cahaya untuk menerangi jalan yang akan kamu lewati. Tetapi jika lampu ini bekerja sendirian, cahaya lampu tidak akan bisa fokus dan tidak bisa maksimal dalam pencahayaan. Maka dari itu ia juga dilengkapi dengan komponen lainnya.

Komponen selanjutnya adalah reflector atau kaca bias yang merupakan alat mengatur pencahayaan. Dengan adanya bagian ini, cahaya yang dikeluarkan oleh bola lampu bisa fokus dan menyebar untuk menghasilkan pencahayaan yang maksimal untuk penerangan jalan saat berkendara. Bagian selanjutnya adalah kaca atau mika lampu. Bagian ini merupakan bagian pelindung yang ada setelah reflector yang berfungsi untuk meneruskan cahaya yang dikeluarkan untuk penerangan motor.

Fitur-Fitur

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa komponen motor yang satu ini juga memiliki beberapa bagian yang memiliki fungsi kerja sendiri-sendiri. Dari bagian beralih ke fitur-fitur yang melengkapi kerja headlamp ini. Secara umum terdapat tiga posisi kerja headlamp, yaitu jarak dekat, jarak jauh dan flash (dimmer).

Fitur pertama yang ada adalah ada pada komponen ini adalah auto headlamp yang merupakan fitur yang dapat menyalakan lampu besar dan lampu kota secara otomatis pada saat berada di lokasi jalan yang kurang pencahayaan atau gelap. Fitur ini bisa bekerja seperti ini karena dilengkapi dengan teknologi automatic light control sensor.

Fitur selanjutnya adalah sebuah reflector yang memiliki fungsi untuk mengatur output cahaya dari bola lampu di dalamnya sehingga cahaya dapat menyebar. Fokus atau bahkan teregulasi.

Perawatan Rumah Lampu Motor

Semua bagian yang ada pada motor memerlukan sebuah perawatan agar tetap bersih dan terawat. Headlamp merupakan salah satu komponen yang rawan dan tidak mudah cara perawatan kebersihannya. Untuk perawatan ini sebenarnya bisa kamu lakukan pada bagian permukaannya saja, atau bagian kaca headlamp.

Jika kaca headlamp motor kamu sudah kusam dan tidak bisa menghasilkan pencahayaan dengan baik, kamu bisa membersihkannya dengan cara dan perlengkapan yang mudah dicari di rumah. Kamu bisa menggunakan pasta gigi dengan cara mengoleskannya pada kaca. Ratakan kemudian gosok dengan kain lap. Semua kotoran yang membuat kaca kusam akan menempel pada kain tersebut dan kaca akan kinclong kembali dan bisa bekerja dengan baik lagi.

Beberapa informasi di atas tentang rumah lampu motor semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu tentang salah satu komponen yang ada pada motor ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *