Categories
Produk Pilihan

Box Motor & Beberapa Hal Yang Harus Kamu Simak

Box motor memang jadi salah satu aksesoris pada motor, namun karena bisa berikan fungsi, kamu mungkin akan semakin membutuhkannya. Dari segi estetik memang tak terlalu mendongkrak, namun dari segi fungsi, kamu pasti akan merasa terbantu dengan eksistensinya.

Box untuk motor ditawarkan dengan beragam jenis dan berbagai kapasitas. Sangat bisa untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Supaya kamu lebih kenal dengan aksesoris yang satu ini, simak apa saja tentangnya berikut.

Pengertian Box Motor

Box pada motor adalah wadah tambahan yang bisa dibuka dan ditutup yang cara pasangnya menyesuaikan jenisnya. Ada yang dipasang di bagian belakang kursi jok, juga ada yang dipasang di bagian sisi-sisi.

Ada yang pemasangannya harus dengan braket motor, juga ada yang tidak membutuhkan. Sebagai salah satu aksesoris, box ini cenderung lebih fungsional. Sebab dengan benda ini kamu bisa lebih mudah membawa benda-benda dalam jumlah yang banyak, mudah membawa helm jika bagian depan motor tidak memungkinkan, atau untuk kebutuhan touring.

Jenis-Jenis Box Motor

Sejauh ini ada empat jenisnya, di antaranya adalah top box tanpa sandaran, top box dengan sandaran, box tabung, dan side box. Masing-masing memiliki fungsi spesifik sendiri. Top box adalah yang dipasang di bagian atas, side box dipasang di bagian sisi motor, dan box tabung yang dipasang di bagian atas dan berbentuk tabung.

Top box dan side box ditawarkan dengan kapasitas yang lebih banyak pilihannya. Sedangkan tabung box biasanya hanya ditawarkan dengan satu kapasitas saja atau hanya beberapa saja.

Cara Memilih Box Motor

Ada cara pilih yang sebaiknya kamu tahu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Jika kamu tahu bagaimana cara pilihnya, maka tentunya kamu tidak akan salah beli. kam tidak harus beli lagi setelahnya karena salah beli sebelumnya.

Bagaimana cara memilihnya adalah untuk paham apa yang kau butuhkan. jika kamu membutuhkan box ini untuk menyimpan satu helm, maka kamu membutuhkan box jenis top box dengan ukuran setidaknya 3 liter. Sedangkan jika kamu ingin menyimpan 2 helm full face di dalamnya kamu akan membutuhkan top box yang kapasitasnya setidaknya 45 liter.

Untuk kamu yang ingin menyimpan benda kecil-kecilan bisa memilih jenis box tabung. Box tabung ini bentuknya tabung dan ukurannya cukup kecil, sering digunakan untuk menyimpan mantel.

Cara Mendapatkan Box Motor

Cara mendapatkannya bukan hanya soal dengan cara membelinya saja. Sebab nantinya untuk membuat box pada motor ini berfungsi, kamu harus memasangnya ke motor. Harus kamu tahu bahwa antara satu box dengan lainnya bisa membutuhkan cara pasang yang sama.

Ada box yang bisa dipasang sendiri juga ada yang harus dipasang oleh profesional karena memang cukup ribet. Juga harus kamu tahu bahwa ada box yang harus dipasang dengan braket juga ada yang tidak membutuhkan braket.

Beberapa produk box jenis top box yang memiliki kapasita besar akan membutuhkan braket, namun untuk box tabung yang ukurannya kecil tidak membutuhkan braket. Ada side box yang membutuhkan braket juga ada yang tidak.

Kamu sudah cukup kenal dengan box motor dan siap untuk memenuhi kebutuhan aksesoris motor ini. Langsung saja cari sesuai dengan cara memilih di atas, mengetahui jenis-jenisnya dari info tersebut supaya tahu mana yang harus dibeli, dan segera mendapatkannya. Jangan sampai salah pilih ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *