Categories
Produk Pilihan

Pelindung Cat Motor Untuk Jaga Body Motor Kesayangan

Punya sepeda motor yang kinclong, bersih, catnya masih bagus, pasti akan membuat pemiliknya lebih percaya diri saat mengendarainya. Ya, kendaraan selain sebagai alat transportasi juga punya fungsi sebagai penambah rasa percaya diri bagi sebagian orang, loh. Terkadang orang menilai sifat orang lain dari kondisi kendaraan yang dimilikinya. Kalau tampak bersih dan apik, artinya si pemilik rajin dan telaten. Sebaliknya, kalau motor terlihat kotor dan kusam, si pemilik bisa dicap pemalas dan tidak telaten. Yuk gunakan pelindung cat motor untuk jaga body motormu.

Padahal bisa jadi si pemilik motor sudah rajin mencuci motor miliknya, loh. Tapi kenapa bisa kusam ya? Kalau kamu juga mengalami masalah yang sama, pasti kesal juga ya. Sudah rajin membersihkan sepeda motor tapi malah dicap pemalas. Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan menggunakan pelindung cat khusus untuk sepeda motor. Tapi sebelum membahasnya, cari tahu dulu penyebab cat motor jadi kusam. 

Penyebab Cat Kusam Ini Adalah Alasan Harus Pakai Pelindung Cat Motor 

Ada 5 penyebab warna cat motor jadi tidak tampak sekinclong waktu baru pertama beli. Kelima penyebabnya ini sebenarnya cukup simpel dan bisa dihindari. Yuk, simak detailnya di bawah ini: 

1. Terik Sinar Matahari 

Banyak yang tahu bahwa teriknya sinar matahari mampu membuat warna pakaian yang dijemur memudar. Ternyata tidak hanya pakaian saja, loh. Cat kendaraan juga bisa pudar dan kusam kalau terlalu sering dijemur di bawah sinar matahari langsung. Usahakan pilih tempat parkir yang cukup terlindung dari sinar matahari. 

2. Debu yang Menumpuk 

Meski debu itu terkadang tidak tampak, tapi kalau dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama pasti akan kelihatan juga. Bukan hanya tidak enak dipandang, debu yang menumpuk dan melekat di bodi motor bisa menyebabkan daya kilap cat menghilang. Bukan hanya itu loh, debu menumpuk juga bisa menyebabkan bodi motor lecet dan tampak seperti berbaret-baret.  

3. Cara Mencuci Motor yang Salah 

Mencuci kendaraan itu sebaiknya menggunakan sabun atau shampo kendaraan khusus. Jangan gunakan deterjen, sabun colek, atau jenis sabun lainnya karena bahannya tidak kompatibel dengan cat kendaraan. Akibatnya, kandungan kimianya justru bisa merusak cat. 

4. Air Hujan yang Tidak Segera Dibersihkan 

Air hujan itu bukan air biasa, di dalamnya mengandung asam nitrat yang bersifat korosif alias mampu merusak logam. Termasuk juga dapat merusak lapisan pengkilap cat motor. Jadi sebaiknya kalau habis kehujanan, segera cuci sepeda motor. 

5. Cipratan Minyak 

Bisa oli, bensin, atau minyak rem, keduanya sama-sama kurang baik kalau sampai terkena cat, karena mampu dengan cepat meresap ke cat dan merusaknya.  

Fungsi Pelindung Cat Motor 

Jika sudah terlanjur kusam, cat motor tetap bisa menggunakan pelindung cat untuk mengembalikan warnanya. Ini dia fungsi pelindung cat motor: 

1. Mengembalikan Warna Cat Seperti Semula 

Tentu dengan cara membersihkan dulu cat yang kusam, sehingga jamur dan kotoran hilang. Baru dilapisi dengan pelindung cat. 

2. Melindungi Cat dari Air dan Kotoran  

Pelindung cat motor akan membentuk lapisan di atas yang mampu melindungi cat dari terkena air hujan dan kotoran secara langsung. Sehingga cat sepeda motor pun tidak cepat kusam.  

Tertarik untuk menggunakan pelindung cat untuk sepeda motormu? Sebaiknya konsultasikan dulu pada bengkel langganan agar hasilnya bisa maksimal dan sesuai dengan keinginan, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *