Categories
Produk Pilihan

Spare Part Motor Slow Moving dan Fast Moving, Apa Bedanya?

Memiliki sepeda motor bukan hanya masalah mampu membayar dan mengendarainya saja. Tapi kita juga sedikit banyak harus mengerti tentang seluk beluk sepeda motor, supaya kalau terjadi masalah setidaknya kita punya gambaran apa yang jadi biang masalahnya. Untuk itu, pemilik motor sebaiknya mengerti apa saja jenis spare part atau suku cadang yang jadi pendukung mesin motor mereka. 

Tidak harus jadi ahli, kok. Cukup mengerti saja bentuk dan fungsinya. Lebih baik lagi kalau sampai tahu cara merawatnya. Jadi saat mengendarai sepeda motor, kita paham betul bagaimana cara menangani motor dengan baik. supaya tidak merusak suku cadangnya. Sebagai langkah awal, spare part itu terbagi 2, yaitu slow moving dan fast moving. Apa bedanya> 

Spare Part Motor Slow Moving 

Sesuai namanya, slow moving, ini adalah suku cadang yang usia pakainya cenderung lama. Kurang lebih suku cadang ini akan bertahan selama 3-5 tahun pemakaian. Biasanya, suku cadang jenis ini agak sulit dicari di pasaran. Bahkan beberapa suku cadang harus dipesan dulu dan pembeli harus menunggu, alias inden. Suku cadang apa saja yang termasuk jenis slow moving? 

1. Knalpot 

Alat untuk menyalurkan gas buang dari sisa pembakaran mesin ini adalah contoh suku cadang yang usia pakainya cenderung lama. Jarang ada masalah pada knalpot jika sepeda motor masih tergolong baru. 

2. Stang 

Stang atau kemudi sepeda motor punya fungsi yang krusial untuk mengemudikan sepeda motor. Kalau sampai rusak pastinya mengemudi jadi tidak aman. Untungnya, stang termasuk suku cadang yang usianya lama. Jadi tidak perlu sering gonta-ganti. 

3. Suspensi 

Suspensi berfungsi menahan guncangan pada saat motor sedang dikendarai, sehingga pengendara dan penumpang bisa merasa tetap nyaman saat melaju dengan kencang. Jika suspensi sudah tida berfungsi secara optimal, motor akan bergetar lebih dari biasanya. 

4. Headlamp 

Ini adalah lampu utama yang adanya di bagian depan sepeda motor. Headlamp berfungsi memberi penerangan bagi pengendara motor, tidak hanya di malam hari tapi juga di siang hari saat berkabut atau kondisi berasap.  

Spare Part Motor Fast Moving 

Kebalikan dari suku cadang slow moving, suku cadang fast moving adalah spare part yang usia pakainya terbilang cepat dan butuh diganti secara berkala. Pemilik sepeda motor harus rajin mengecek suku cadang yang bersifat fast moving. Jika tidak, bisa membahayakan di saat motor sedang dikendarai. Suku cadang apa saja yang masuk ke dalam kategori fast moving? 

1. Ban 

Contoh yang paling mudah dilihat adalah ban. Ban adalah titik tumpu sepeda motor, jadi bisa dibayangkan fungsinya sangat penting. Biasanya ban akan bertahan selama 1 sampai 2 tahun, setelah itu, sangat dianjurkan untuk mengganti ban. Berkendara dengan ban yang sudah tipis akan sangat berbahaya. 

2. Oli 

Sebagai pelumas mesin, oli peranannya sangat penting. Agar mesin tidak mudah rusak dan juga mampu membersihkan kotoran yang menempel pada mesin. Sebaiknya ganti oli minimal 1 bulan sekali. 

3. Rantai 

Tanpa rantai, roda tidak bisa berputar. Karena itu, kondisi rantai harus dicek agar tidak sampai putus di tengah jalan. 

4. Aki 

Aki adalah penyalur daya untuk menghidupkan motor. Jadi harus dicek kondisinya secara berkala. jangan sampai air aki habis. 

Semua bagian sepeda motor sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan untuk mengeceknya secara rutin, baik dilakukan sendiri di rumah maupun di bengkel. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *